Pertemuan Ke-4 (Segmentasi Pasar dan Targeting Pasar)

Senin, 04 Maret 2013
Reportase Manajemen Pemasaran Pertemuan Ke-4


       Universitas Negeri Jakarta. Senin, 04 Maret 2013 Pukul 13.30 WIB. adalah pertemuan perkuliahan keempat mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa dengan dosen kami bapak Dr. Amril Muhammad, S.E. M.Pd di ruang 307 kelas MP Non Reg 2011. Pada pertemuan kali ini adalah presentasi kelompok 2 dengan materi tentang Segmentasi dan Targeting Pasar. Apa perbedaan segmen dan target? menurut penjelasan bapak Amril Muhammad segmen adalah pemilahan, sedangkan target adalah pemilihan. lalu, apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar? Segementasi pasar adalah pemilahan bagian-bagian pasar berdasarkan beberapa variabel seperti geografis, demografis, perilaku, dan psikografis melalui pendekatan SWOT.
        Berdasarkan penjelasan kelompok kedua, Segmentasi Pasar adalah usaha mengelompokkan pasar dari yang bersifat heterogen menjadi bagian-bagian pasar yang memilki sifat homogen. Maksudnya adalah pasar dikelompokkan disesuaikan dengan kelompok pembeli yang berbeda yang memilki kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang berbeda yang membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda pula funsi pemasaran terdiri dari fungsi pertukaran seperti kegiatan pembelian dan penjualan, lalu fungsi penyediaan fisik seperti transport dan pergudangan, yang terakhir adalah fungsi fasilitas sebagai standarisasi, pembelanjaan, penanggungan resiko, dan penerangan pasar.
      Segmentasi pasar terdiri dari beberapa variabel, yaitu variabel geografi yang dilihat dari wilayah, ukuran kota, pendapatan dan lain-lain. Misalnya pada produk kosmetik Viva yang memiliki slogan "sesuai untuk daerah tropis" yang dimaksudkan karena indonesia merupakan daerah beriklim tropis maka produk kosmetik Viva disesuaikan untuk wanita di Indonesia yang beriklim tropis. Kedua, variabel demografi yang dilihat dari usia, pekerjaan, siklus hidup, keluarga, dan lain-lain. Misalnya, PT AHM mengeluarkan produk sepeda motor matic  Beat dengan model iklan CherryBelle yang berarti sepeda motor tersebut membidik wanita karir,  dengan artian wanita tetap dapat berkendara sendiri ke tempat kerja atau kuliah dengan motor yang mudah dikendarai. Ketiga, variabel Psikografi dilihat dari kelas sosial gaya hidup, kepribadian. Misalnya, Butik atau Distro yang menempatkan diri daerah penjualan di kawasan perumahan elit. Keempat, Behavior (perilaku) dilihat dari manfaat yang dipakai, status pemakai, sikap terhadap produk. Misalnya, PT Kentucky Fried Chicken mengeluarkan produk santapan cepat saji yang murah hanya dengan "Goceng" karena melihat konsumen banyak yang menyukai KFC. 
        Dalam segementasi pasar ada beberapa poin untuk mendapatkan segmentasi yang efektif yaitu dapat diukur, cukup besar atau menguntungkan, dapat dijangkau, dapat dibedakan dan dapat diambil tindakan atau dapat dilaksanakan. Segmentasi pasar bermanfaat karena produsen berada diposisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan pemasaran dan bertujuan agar perusahaan mudah melakukan analisis pasar. 
           Setelah menentukan segmen pasar, selanjutnya adalah menentukan target pasar atau pasar sasaran. Targeting adalah strategi mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efektif. Definisi umum dari targeting adalah proses memilih target market yang tepat bagi produk dan jasa perusahaan. Ada beberapa hal yang dilakukan dalam penetapan pasar sasaran yaitu, mengevaluasi segmen pasar dilihat dari ukuran pertumbuhan konsumen, daya tarik struktural konsumen, tujuan dan sumber daya perusahaan selain mengevaluasi segmen pasar kita harus menyeleksi segmen pasar dilihat dari contrated marketing, undifferentiated marketing, dan differentiated marketing
             Kegiatan segmentasi pasar dan targeting pasar merupakan strategi pemasaran yang berkesinambungan. Apabila sebuah perusahaan telah menentukan segmen pasar dimana produk akan dipasarkan. Lalu perusahaan menentukan pasar sasaran atau target yang tepat suatu produk akan dipasarkan.
         
Devie Alfikasari
1445115222
MP Non Reg 2011
       

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Pertemuan Ke-4 (Segmentasi Pasar dan Targeting Pasar)"

Posting Komentar

Copyright 2009 Marchantia
Free WordPress Themes designed by EZwpthemes
Converted by Theme Craft
Powered by Free Website Templates
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver