Perbedaan Antara Segmentasi dan Targeting (Kelompok 4)

Devie Alfikasari
1445115222
Manajemen Pendidikan Non Reguler 2011

            Segmentasi adalah membagi pasar kedalam kategori konsumen, digunakan untuk menentukan taktik pemasaran yang beragam. Menurut sumber Wikipedia, Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar. Suatu pasar dibagi menjadi beberapa kelompok variabel sesuai dengan kelompok pembeli yang memiliki kebutuhan yang berbeda. Variabel yang dimaksud ada geografis, demografi, psikografi, dan behavioristik. Contohnya adalah PT Unilever yang menciptakan atau mengeluarkan produk-produk rumah tangga yang sesuai dengan segmen pasar di Indonesia. Misalnya produk Pepsodent, Sunsilk, Pond's dll yang dari segi geografinya bahan-bahannya disesuaikan untuk wilayah tropis Indonesia, dari segi demografinya produk pepsodent dapat digunakan oleh satu keluarga, dari segi behavioristiknya Pepsodent sekarang mengeluarkan produk dalam bentuk kecil atau mini sehingga sangat ekonomis untuk kalangan kelas bawah, kemudian dari segi psikografisnya gaya hidup orang-orang yang biasa memakai produk-produk tersebut.

         Targeting adalah memilih segmen pasar yang tepat untuk produk yang kita tawarkan. Targeting merupakan kegiatan setelah menentukan segmen pasar. Targeting merupakan strategi mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efektif. Karena sumber daya yang dimiliki terbatas. Dengan menentukan target yang akan dituju, usaha kita akan lebih terarah membidik target pasar harus benar-benar sesuai sehingga upaya yang dikeluarkan efektif dan efisien. Untuk itu perusahaan perlu membidik pasar yang akan dimasuki yang tentunya harus sesuai dengan keunggulan daya saing yang dimiliki oleh perusahaan. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Perbedaan Antara Segmentasi dan Targeting (Kelompok 4)"

Posting Komentar

Copyright 2009 Marchantia
Free WordPress Themes designed by EZwpthemes
Converted by Theme Craft
Powered by Free Website Templates
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver