Pertemuan Ke-3 (Analisis Lingkungan Pemasaran)





Senin, 25 Februari 2013
Reportase Manajemen Pemasaran Pertemuan ke-3



       Universitas Negeri Jakarta. Senin, 25 Februari 2013 merupakan pertemuan perkuliahan ketiga mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa dengan dosen kami bapak Dr. Amril Muhammad, S.E. M.Pd. Seperti biasa dosen kami, Pak Amril Muhammad datang sesuai dengan perjanjian masuk kelas yaitu pukul 13.30 WIB. Pada pertemuan ketiga ini selain pengumpulan tugas, yaitu majunya presentasi oleh kelompok pertama. Materi mereka tentang Analisis Lingkungan Pemasaran. 
      Setelah presentasi kelompok 1 selesai, Pak Amril kemudian menjelaskan lagi untuk melengkapi dan meluruskan materi yang telah diterangkan kelompok. Dalam mempelajari analisis lingkungan pemasaran, sebelumnya yang harus kita ketahui Apa dasar mempelajari Analisis Lingkungan Pemasaran Jasa?
     Berdasarkan penjelasannya, dasar dari kita mempelajari analisis lingkungan adalah karena kita jualan ke luar.  Jadi mempelajari analisis lingkungan agar kita lebih memahami bagaimana situasi dan kondisi lingkungan sebelum kita menerapkannya ke lapangan. Apa itu lingkungan pemasaran? Lingkungan Pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan yang menjadi sasaran.
    Disebutkan sebelumnya hampir sama dengan penjelasan kelompok, Lingkungan Pemasaran terbagi menjadi dua yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal yaitu lingkungan dari dalam perusahaan, sedangkan lingkungan eksternal yaitu lingkungan dari luar perusahaan. Lingkungan internal maksudnya pelaku dari sebuah organisasi itu sendiri. Sedangkan lingkungan eksternal berupa kekuatan-kekuatan yang berada di luar pemasaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuan manajemen perusahaan.
          Di dalam lingkungan eksternal terdapat lingkungan mikro dan makro. Lingkungan Mikro dibagi dalam beberapa bagian yaitu, pertama Company it self/ Perusahaan dalam merancang rencana pemasaran, manajemen pemasaran memperhitungkan kelompok dalam perusahaan seperti manajemen puncak (top manager),  keuangan yang mengantisipasi pasar, riset dan pengembangan, pembelian, operasi, akuntasi karena segalanya harus dihitung. Semua kelompok saling berhubungan membentuk lingkungan internal. Kelompok-kelompok ini bekerja sama secara harmonis untuk memberikan nilai dan kepuasan pelanggan yang unggul. Kedua, Supplier (Pemasok) pemasok menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasanya pertimbangan peralatan-peralatan apa yang akan digunakan, lalu pertimbangan tempat penyimpanan dimana produk akan disimpan. Masalah pemasok sangat mempengaruhi pemasaran karena apabila pemasok masalah akan mengurangi penjualan perusahaan dan mengurangi nilai kepuasan pelanggan. Ketiga, Marketing Intermedier sama halnya dengan perantara, perantara pemasaran membantu perusahaan mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produknya ke pembeli akhir. Perantara pemasaran meliputi penjual perantara, perusahaan distribusi fisik, agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan. Penjual perantara maksudnya perusahaan yang membantu mendapatkan pelanggan, perusahaan distribusi fisik yaitu membantu perusahaan dalam menyediakan & memindahkan barang dari tempat asal ke tempat tujuan, agen jasa pemasaran mencarikan sasaran dan menpromosikan produk ke pasar sasaran secara tepat contohnya biro iklan, perusahaan media, dan konsultan pemasaran. Sedangkan perantara keuangan meliputi perusahaan asuransi, perusahaan kredit, dan bank. Keempat, Customer (Pelanggan) yaitu sejumlah orang, individu atau kelompok suatu organisasi yang mengkonsumsi produk jasa. Terdapat lima pasar pelanggan yaitu pasar konsumen terdiri dari perorangan dan keluarga yang membeli barang dan jasa untuk konsumsi pribadi, pasar bisnis membeli barang dan jasa untuk pemrosesan lebih lanjut atau untuk digunakan dalam proses produksi perusahaan, pasar penjual perantara (Reseller), membeli barang dan jasa untuk dijual kembali demi mendapatkan laba,  pasar pemerintah terdiri dari badan-badan pemerintah yang membeli barang dan jasa untuk menghasilkan pelayanan umum, pasar internasional terdiri dari para pembeli di negara lain, termasuk konsumen, produsen, penjual perantara, dan pemerintah. Kelima, Public (Masyarakat) masyarakat adalah kelompok yang mempunyai potensi kepentingan atau kepentingan nyata, atau pengaruh pada kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya.
            Lingkungan Makro dibagi juga dalam beberapa hal yang pertama dari segi  Demografis merupakan hal yang menyangkut jumlah penduduk, kepadatan penduduk, lokasi, usia, gender, ras (suku), pekerjaan, dan data statistik lain (sesuai dengan ideal tubuh dan lainnya). Kedua,  Ekonomi merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pengeluaran konsumen. Ketiga, Lingkungan Alam disesuaikan sehingga tidak menghabiskan energi yang ada. Keempat, Teknologi kekuatan yang menciptakan teknologi baru, menciptakan produk, dan peluang pasar, yang baru. Seperti adanya perangkat komputer, handphone, dan perangkat elektronik lainnya. Kelima, Politik adanya kemungkinan pressure group, pergantian menteri, dan pergantian kabinet. Intervensi Pemerintah. Contohnya adalah seperti perubahan kurikulum. Keenam, Budaya lingkungan budaya terdiri dari institusi dan kekuatan lain yang mempengaruhi nilai dasar, persepsi, selera, dan perilaku masyarakat. 
       Secara ringkas dan untuk lebih menghafal bagian-bagian dari lingkungan mikro dan makro dapat dilihat bagan atau gambar di atas.

Sekian.

Devie Alfikasari
1445115222
MP NR 2011
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Pertemuan Ke-3 (Analisis Lingkungan Pemasaran)"

Posting Komentar

Copyright 2009 Marchantia
Free WordPress Themes designed by EZwpthemes
Converted by Theme Craft
Powered by Free Website Templates
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver