Pertemuan ke-7 (Penciptaan dan Pengembangan Produk Jasa Pendidikan)

Senin, 08 April 2013
Reportase Pertemuan ke-7


       Universitas Negeri Jakarta. Senin, 08 April 2013 pukul 13.30 WIB di ruang DS 307 merupakan pertemuan ke tujuh mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan bersama dosen kami bapak Dr. Amril Muhammad, S.E. M.Pd. Seharusnya pertemuan ke tujuh ini adalah tanggal 01 April 2013 namun, karena pada tanggal tersebut mata kuliah diliburkan, pertemuan menjadi diundur. Pada pertemuan kali ini presentasi kelompok 5 dengan materi "Penciptaan dan Pengembangan Produk Jasa Pendidikan". Di dalam materi ini dijelaskan tentang penciptaan produk, tetapi kita harus mengetahui terlebih dahulu Apa itu produk? Menurut penjelasan kelompok, produk adalah seperangkat atribut baik berwujud maupun tidak berwujud termasuk di dalamnya masalah warna, harga, dan lain-lain demi memenuhi kebutuhan konsumen. Menurut pengertian lain dikatakan, produk adalah segala sesuatu yang dipasarkan kepada pasar untuk dipasarkan. Produk dibagi menjadi dua yaitu services dan goods. Setiap perusahaan pasti memiliki suatu produk untuk dipasarkan kepada konsumen atau calon pembeli. Sebenarnya, Apa alasan suatu perusahaan baik jasa maupun non jasa membuat suatu produk? dosen kami menjelaskan sebuah perusahaan membuat produk untuk menjaga eksistensinya di dunia pemasaran (apabila perusahaan tersebut sudah berdiri sejak lama) maka ia harus membuat suatu produk baru yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen agar perusahaan tersebut tidak jatuh karena pesaing-pesaingnya. Lalu apabila ia perusahaan baru, alasan mereka menciptakan produk baru adalah karena mereka ingin mendapatkan profit atau keuntungan sebagai penghasilannya. 
       Suatu produk baru memiliki bentuk yang berbeda-beda, berikut adalah asal pembentukan produk: Pertama, Produk Inovatif yaitu produk yang benar-benar baru yang berasal dari ide baru yang belum pernah ada sebelumya, contohnya: PT. Indofood mengeluarkan produk mie rasa daging rendang yang belum pernah ada sebelumnya. Kedua, Produk Imitasi merupakan produk baru bagi perusahaan yang membuatnya namun produk tersebut sudah lama ada di pasaran, contohnya: perusahaan telekomunikasi Nokia yang meluncurkan produk barunya smartphone touchscreen Asha yang sebenarnya baru untuk perusahaan Nokia tersebut namun di pasaran sudah ada terlebih dahulu smartphone I-phone yang juga touchscreen, dan Ketiga adalah Produk Pengganti yang merupakan produk baru yang berasal dari produk lama tetapi diganti atau diperbarui dengan ide-ide baru, contohnya: produk Pond's yang cover dari setiap kemasan selalu berubah dan formula atau komposisi dari bahan-bahannya selalu mengalami perbaikan agar produk tersebut lebih diminati konsumen karena manfaatnya dan kemasannya yang menarik.
         Suatu perusahaan dapat menciptakan dan mengembangkan produk barunya sesuai keinginan mereka dari tiga hal yang telah disebutkan. Mengapa perusahaan perlu mengembangkan produknya? Karena pada kemajuan teknologi pada sekarang ini, konsumen pasti semakin selektif dalam hal memilih kebutuhan yang terbaik untuk mereka jadi dengan adanya produk baru konsumen akan memikirkan produk mana yang baik untuknya, itu semua akan memberikan banyak pilihan baginya. Setiap produk pasti memiliki daur hidup karena semakin berkembang zaman pasti bermuncullah suatu tren-tren yang selalu berubah dalam kurun waktu tertentu misalnya saat ini sedang tren memakai smartphone Blackberry namun beberapa bulan kemudian banyak orang yang mengganti Blackberry dengan smartphone Android ini berarti suatu produk memiliki daur hidup dalam kurun waktu tertentu. Produk baru menunjukkan laba, tidak dipungkiri lagi suatu perusahaan membuat produk pasti karena mereka ingin mendapat keuntungan yang sesuai baik untuk penghasilannya sendiri ataupun untuk karyawan-karyawannya.
          Di dalam pengembangan produk baru, pasti terdapat proses atau mekanisme dari pengembangan itu. Bagaimanakah pengembangan suatu produk baru? Ada terdapat delapan pengembangan produk baru yaitu Pertama, Penciptaan Ide yang merupakan awal dari munculnya suatu pemikiran atau gagasan kenapa membuat suatu produk, apa produk yang ingin dibuat, dan sebagainya. Ide dari munculnya suatu produk biasanya karena saran atau kritik dari konsumen, pengamatan perusahaan pada pesaing-pesaingnya dan masukan-masukan atau saran dari karyawannya sendiri. Kedua, Penyaringan Ide yang merupakan proses memilah ide-ide mana yang baik, yang cocok dan sesuai dengan perusahaan dan menolak ide-ide yang buruk. Ketiga, Pengembangan dan pengujian Konsep yang merupakan pengujian atas konsep-konsep dari ide yang sudah disaring tadi. Keempat, Pengembangan Strategi Pemasaran yang merupakan kurun waktu yang ditentukan oleh perusahaan mengenai sampai kapan suatu perusahaan mengembangkan strategi atau rencana-rencana dalam memasarkan produknya. Kelima, Analisis Usaha yang merupakan proses menganalisis proyeksi penjualan misalnya penetapan harga produknya, biaya yang dikeluarkan, lalu keuntungan yang didapat. Keenam, Pengembangan Produk. Ketujuh adalah Market Testing yaitu uji pemasaran, produk yang sudah dikembangkan sudah siap untuk diberi nama atau dilabelkan, lalu melakukan tester produk kepada konsumen. Kedelapan yaitu Komersialisasi yang merupakan penganalisisan kapan peluncuran produk baru itu? dimana dan bagaimna prospek pasarnya?
          Dalam penciptaan dan pengembangan produk baru pasti terdapat kendala yang mungkin terjadi pada perusahaan. Diantaranya, perusahaan kekurangan ide produk baru, sudah mendapat ide namun terhalang kurangnya biaya yang ada, pesaing yang lebih cepat mengeluarkan suatu produk baru, dan umur suatu produk yang pendek karena pergantian tren dalam kurun waktu tertentu. 

Sekian report saya :)
Terima Kasih.
Devie Alfikasari
1445115222
Manajemen Pendidikan Non Reg 2011
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Pertemuan ke-7 (Penciptaan dan Pengembangan Produk Jasa Pendidikan)"

Posting Komentar

Copyright 2009 Marchantia
Free WordPress Themes designed by EZwpthemes
Converted by Theme Craft
Powered by Free Website Templates
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver