Pertemuan Ke- 9 (Distribusi, Franchise, dan Multilevel Marketing Jasa Pendidikan)

Senin, 22 April 2013
Reportase Pertemuan ke-9



              Universitas Negeri Jakarta. Senin, 22 April 2013 pukul 13.30 WIB di ruang 305 merupakan pertemuan ke-9 mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan  bersama dosen kami bapak Dr. Amril Muhammad, S.E. M.Pd. pada pertemuan kali ini akan membahas materi tentang "Distribusi, Franchise dan Multilevel Marketing Jasa Pendidikan". Materi ini disampaikan oleh kelompok 7 yang beranggotakan Yola Fitriani, Leni Indriyani, dan Riski Nuria Pardede. The American Marketing Association, mendefinisikan saluran distribusi merupakan suatu struktur organisasi dalam perusahaan dan luar perusahaan yang terdiri dari agen, dealer, pedagang besar dan pengecer, melalui sebuah komoditi, produk atau jasa yang dipasarkan. Saluran distribusi adalah melalui perusahaan kemudian bergerak ke penyalur ke agen lalu melalui penjualan retail dan akhirnya sampai ke konsumen. Distribusi terbagi dua, yaitu distribusi langsung dan distribusi tidak langsung. Distribusi langsung merupakan penjualan yang dilakukan perusahaan (produsen) langsung kepada konsumen, misalnya perusahaan bank swasta membuka stand di pusat keramaian pengunjung mall sehingga calon nasabah langsung bisa di prospek. Distribusi tidak langsung merupakan penjualan yang tidak secara langsung dilakukan oleh perusahaan tetapi melalui perantara misalnya agen pemasaran seperti agen asuransi. Apa alasan suatu perusahaan melakukan distiribusi? dengan distribusi perusahaan lebih fokus untuk menjual produknya bukan hanya sekedar membuat produk, dengan adanya distribusi perusahaan dapat memproduksi suatu produk dengan banyak karena setiap produk yang sudah terjual pasti akan diproduksi kembali, lalu karena pelanggan banyak makada ri itu distribusi itu penting agar pelanggan darimana pun bisa mendapatkan produk yang kita jual, kemudian karena prestise (gengsi) ya, karena gengsi dengan perusahaan pesaing jika barang tidak cepat terjual maka akan dianggap lemah dalam pemasaran. Dari kesemua alasan itu harus efektif dan efisien, maksudnya barang dapat terjual dan harus dapat keuntungan.

           Distribusi berfungsi umum dan khusus. Umum maksudnya distribusi hanya memindahkan suatu produk ke konsumen, sedangkan fungsi khusus maksudnya distribusi merupakan informasi, promosi, kontak (pertemuan penjual dan pembeli), penyesuaian, negosiasi dan peran-peran lainnya.
       Materi selanjutnya yaitu Franchise. Franchise (waralaba) merupakan sistem pendistribusian barang/jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merk memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merk, nama, sistem, prosedur, dan cara-cara yang telah diterapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu. Karakteristik franchise yaitu perwaralaba memiliki trademark, servicemark, operasi usaha dibawah pengarahan perwaralaba, terwaralaba akan membayar royalti dan suatu initial fee, terwaralaba diijinkan untuk menggunakan hak-hak tersebut. Franchising sendiri menyuplai produk dari perusahaan sendiri. Franchising merupakan strategi baru dalam melakukan distribusi. 
             Terakhir adalah materi Multilevel Marketing (MLM). Multilevel Marketing (MLM) adalah suatu metode bisnis alternatif yang berhubungan dengan pemasaran dan distribusi yang dilakukan melalui banyak level. Di dalam MLM biasanya sistem member (tidak perlu toko atau gudang), ada sistem bonus, memerlukan motivasi. Ada beberapa persyaratan dalam MLM yaitu produk yang ditawarkan bersifat khas, bersifat eksklusif, kebal terhadap fluktuasi ekonomi, mempunyai differensiasi yang mencolik, dan memilki komitmen.
Baik Franchising dan MLM keduanya merupakan suatu strategi yang dilakukan perusahaan dalam pendistribusian barang, maka dari itu mereka saling berkaitan.

Sekian Report Saya :)
Terima Kasih
Devie Alfikasari
1445115222
MP NR 2011

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Pertemuan Ke- 9 (Distribusi, Franchise, dan Multilevel Marketing Jasa Pendidikan)"

Posting Komentar

Copyright 2009 Marchantia
Free WordPress Themes designed by EZwpthemes
Converted by Theme Craft
Powered by Free Website Templates
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver