Pengembangan Produk Jasa Pendidikan "Advanced Work Indonesia"

Pengembangan Produk Jasa Pendidikan

      Pada tugas pembuatan bisnis jasa yang lalu, saya membuat produk jasa dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dan pelatihan kerja yaitu Advanced Work Indonesia (AWI). Perencanaan bisnis jasa yang lalu hanya dari segi segmentasinya saja. Namun pada tugas kali ini adalah pengembangan produk baru jasa pendidikan. Saya membuat sebuah balai atau tempat pelatihan kerja yang baru, dimana AWI ini bukan franchise. Pembentukan produk jasa pelatihan kerja ini dalam bentuk produk imitatif yaitu produk ini sudah ada sebelumnya oleh perusahaan lain tetapi dengan sesuatu yang berbeda. Seperti kita ketahui, tempat pelatihan kerja semacam ini sudah ada sebelumnya yaitu balai latihan kerja (BLK) milik pemerintah. Tetapi sudah pasti tempat pelatihan kerja AWI ini, lebih berbeda dan semoga bisa menjadi yang lebih baik. Awal bermulanya saya membuat bisnis jasa ini karena dilatarbelakangi oleh banyaknya pengangguran dan lulusan SMA yang belum memiliki keahlian khusus apa-apa namun ingin bekerja di tempat yang sesuai. Penciptaan ide ini muncul dari saya sendiri karena pengamatan dan pengalaman saya sendiri. Dikarenakan sebelumnya saya hanyalah lulusan SMA yang ingin bekerja namun pekerjaan lulusan SMA hanyalah menjadi sales di sebuah department store atau pusat perbelanjaan lain. Berangkat dari keinginan mendapat pekerjaan yang lebih layak, masuklah saya ke sebuah balai latihan kerja pusat di Pasar Rebo dengan harapan saya memiliki suatu keahlian tertentu. Ada beberapa kekurangan dan juga kelebihan dalam BLK itu namun cukup membantu saya untuk mendapatkan keahlian sebagai staf administrasi yunior saat itu yang singkat cerita saya mendapatkan pekerjaan sebagai Admin sebuah outlet sepeda yang merknya sangat terkenal. 
            Karena dari pengalaman itulah saya memiliki ide menciptakan tempat pelatihan kerja AWI ini. Dalam pemikiran sebuah ide ini terdapat penyaringan atas ide-ide lain yang menurut saya kurang perlu untuk diterapkan dalam bisnis jasa ini. Maka dari itu saya sangat mempertimbangkan ide-ide yang masuk baik dari pemikiran saya atau dari teman dekat saya yang saya mintai masukan. Nama Advanced Work Indonesia saya ambil karena kata advanced yang berarti maju dengan maksud saya ingin membuat sebuah kemajuan dengan adanya produk jasa ini, lalu work yang berarti kerja dengan maksud sesuatu hal yang ingin saya majukan adalah dalam bidang pekerjaan atau lapangan pekerjaan. Ini menjelasakan saya ingin membuat suatu produk jasa yang memajukan SDM Indonesia dalam bidang pekerjaan. Pada perencanaan ini, saya mengkonsepkan ada beberapa program keahlian sesuai dengan keinginan dan kebutuhan peserta pelatihan, beberapa program pelatihan tersebut yaitu: Administrasi Perkantoran, Sekretaris, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Komputer, Tata Busana, Tata Boga, Tata Graha dan Tata Rias. Saya memilih program pelatihan ini karena banyak perusahaan yang membutuhkan dan meminati tenaga ahli untuk program-program tersebut. Pengembangan produk jasa ini saya rencanakan akan berjalan sekitar 2-3 tahun mendatang karena mengingat produk jasa ini benar-benar baru untuk dikelola pribadi bukan dikelola pemerintah. Dilihat dari analisis usahanya, Kursus pelatihan kerja AWI ini, membuka biaya pendaftaran dengan harga Rp20.000 tetapi gratis untuk 50 orang pendaftar pertama. Kursus ini berjalan selama 1 periode yaitu tiga bulan. Biaya untuk tiga bulan tersebut adalah Rp 600.000, biaya sudah termasuk baju praktek dan biaya prakteknya.
         Dikarenakan ini adalah perusahaan jasa, saya mengutamakan kualitas dari tempat pelatihan kerja ini dulu soal keuntungan yang di dapat adalah dari bagian persentase setiap biaya pelatihan dan adanya sponsor dari pihak-pihak yang bekerja sama dengan tempat pelatihan kerja ini. Besar harapan saya dalam membuat produk jasa ini agar bisa membantu mereka yang ingin bekerja di tempat yang lebih sesuai. Rencananya selain diberi pelatihan kerja menurut program pelatihan masing-masing, mereka juga akan diberikan wawasan tentang berwirausaha sehingga mereka nantinya punya bekal untuk bisa mengembangkan keahliannya bukan hanya untuk perusahaan lain tetapi untuk membuka pekerjaan sendiri. Kegiatan pembelajaran pelatihan ini  dilaksanakan setiap hari senin sampai jumat dimulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Muatan pelajaran yang diberikan contohnya untuk program administrasi kantor akan diberikan tentang pengarsipan, tata laksanana kantor, komputer administrasi, petty cash, surat menyurat, dan bahasa inggris. Untuk sekretaris, hampir sama dengan administrasi perkantoran bedanya sekretaris memuat table manner, tata tertib seorang sekretaris, dan sebagainya. Sedangkan teknik mesin, teknik elektro, teknik komputer  disesuaikan dengan programnya dan mereka cenderung lebih ke laboratorium uji prakteknya. Tata Busana mencakup jahit menjahit, pemakaian mesin jahit, pendesainan sebuah baju, pemilihan bahan pakaian, dan sebagainya. Tata Boga meliputi pemilihan bahan masakan, tentang kesehatan bahan-bahan makanan, uji praktek membuat suatu masakan, dan sebagainya. Tata Graha meliputi table manner, guide, bahasa inggris, dan sebagainya. Tata Rias meliputi pemilihan bahan kosmetik, praktek merias, menyalon rambut dan sebagainya. Kursus pelatihan kerja AWI bekerjasama dengan beberapa perusahaan terbaik dan bonafit seperti PT Astra Honda Motor, PT Indofood Sukses Makmur, PT Telkom Indonesia, Hotel J.W Mariott, Hotel Ritz Carlton dan perusahaan swasta bonafit lainnya. Fasilitas yang diberikan adalah ruang kelas dengan LCD proyektor, Ruang praktikum masing-masing program, seluruh ruangan full AC.
     Setelah konsep tersebut matang, tahap selanjutnya adalah komersialisasi yaitu dengan perencanaan peluncuran produk jasa ini. Peluncuran produk jasa ini adalah bulan Juni 2015 dengan berlokasi di kawasan Cempaka Putih belakang RS. Islam karena daerahnya cukup strategis dan dapat dilalui oleh kendaraan umum maupun pribadi dengan jalur dua arah.
        Kursus pelatihan kerja ini diperkenalkan melalui promosi sebar brosur ke tempat-tempat umum yang ramai, lalu ada website dan media sosial twitter serta berita dari pembicaraan masyarakat ke masyarakat lain. AWI diharapkan mendapat respon yang positif dari masyarakat mengingat bergunanya kursus ini untuk pengembangan SDM sehingga membantu memajukan masyarakat Indonesia yang memiliki keahlian dan mengurangi risiko pengangguran yang besar.

Devie Alfikasari
1445115222
Manajemen Pendidikan Non Reg. 2011                                                                       
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Pengembangan Produk Jasa Pendidikan "Advanced Work Indonesia""

Posting Komentar

Copyright 2009 Marchantia
Free WordPress Themes designed by EZwpthemes
Converted by Theme Craft
Powered by Free Website Templates
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver