Pertemuan Ke- 11 (Promosi Jasa Pendidikan)
Senin, 6 Mei 2013
Reportase pertemuan ke-11
Universitas Negeri Jakarta. Senin, 06 Mei 2013 pukul 13.30 WIB di ruang 307 merupakan pertemuan ke-11 mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan bersama dosen kami bapak Dr. Amril Muhammad, S.E. M.Pd. pada pertemuan kali ini akan membahas materi tentang "Promosi Jasa Pendidikan". Pada pertemuan ini, Pak Amril Muhammad begitu sapaan kami, berhalangan hadir. Materi ini disampaikan oleh kelompok 9 yang beranggotakan Ria Zulfiah, Nurma Jelita, Ayu Wulandari, dan Rahmawati Ramdiah. Sebelumnya, kita harus memahami apa pengertian promosi. Promosi
adalah suatu komunikasi dari penjualan dan pembeli yang berasal dari informasi
yang tepat yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang
tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap
mengingat produk tersebut.
Promosi sendiri merupakan salah satu unsur bauran pemasaran. Di dalam promosi sendiri terdapat beberapa hal unsur promosi. Ada empat unsurnya, yaitu periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan tatap muka (personal selling), dan publisitas atau public relation.
Promosi sendiri merupakan salah satu unsur bauran pemasaran. Di dalam promosi sendiri terdapat beberapa hal unsur promosi. Ada empat unsurnya, yaitu periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan tatap muka (personal selling), dan publisitas atau public relation.
Unsur pertama adalah periklanan (advertising). Menurut
Kotler, Periklanan adalah segala bentuk
penyajian non personal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh suatu sponsor
tertentu yang memerlukan pembayaran.Di dalam periklanan ada memiliki lima dimensi, yaitu Mission (Tujuan
Periklanan) yang merupakan tujuan atau alasan mengapa iklan dari suatu produk itu dibuat, biasanya tujuan periklanan ini adalah untuk memperkenalkan kepada konsumen produk apa yang dipasarkan atau diunggulkan oleh suatu perusahaan, lalu kedua ada Money (Anggaran
Periklanan) yang merupakan rincian pembiayaan diadakannya iklan apakah anggarannya sesuai untuk iklan di media cetak atau media elektronik. Ketiga adalah Massage (Memilih pesan
iklan) yang merupakan isi dari iklan itu sendiri, maksud dari iklan itu apa, apa yang dijual dan memberikan manfaat atau keuntungan apa untuk konsumen jika membeli produk itu. Keempat yaitu Media (keputusan tentang
media) keputusan tentang media disini disesuaikan dengan anggaran ingin melalui media cetak atau elektronik. Dan yang kelima adalah Measurement
(mengevaluasi efektifitas iklan) yang merupakan pengukuran, tahap pengevaluasian apakah suatu produk menghasilkan penjualan yang berbeda atau sama saja setelah melalui periklanan.
Unsur kedua adalah promosi penjualan. Promosi penjualan adalah kegiatan penjualan yang bersifat
jangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang serta tidak rutin, yang
ditujukan untuk mendorong lebih kuat mempercepat sponsor pasar yang ditargetkan
sebagai alat promosi lainnya dengan menggunakan bentuk berbeda. Misalnya, suatu perusahaan yang ingin memasarkan produk barunya biasanya dengan cara promosi penjualan beli 2 gratis satu atau ada bonus tertentu, namun hal ini bersifat sementara dalam jangka waktu tertentu. Ada beberapa langkah promosi penjualan yaitu Menentukan tujuan, menyeleksi alat-alatnya, menyusun program, melakukan pengujian
pendahuluan atas program, melaksanakan dan
mengendalikan program dan mengevaluasi hasilnya.
Unsur ketiga adalah Penjualan tatap muka (personal selling). Personal selling adalah presentasi lisan dalam percakapan
atau lebih calon pembeli untuk tujuan penciptakan penjualan.Contohnya adalah agen asuransi, SPG (sales promotion girl) atau SPB (sales promotion boy) dari rumah ke rumah (door to door).
Unsur keempat yaitu publisitas (public relation). Publisitas
adalah merupakan ruang editorial yang terdapat di semua media yang dibaca,
dilihat atau didengar untuk membantu mencapai tujuan-tujuan penjualan dan tidak
bayar. Atau bisa juga dengan adanya relasi yang baik dengan beberapa orang jadi memudahkan untuk melakukan promosi atas produknya.
Sekian report saya :)
Terima Kasih
Devie Alfikasari
1445115222
MP NR 2011
0 Response to "Pertemuan Ke- 11 (Promosi Jasa Pendidikan)"
Posting Komentar