Pertemuan Ke-3 (Analisis Lingkungan Pemasaran)
Senin, 25 Februari 2013
Reportase
Manajemen Pemasaran Pertemuan ke-3
Universitas Negeri Jakarta. Senin, 25 Februari 2013 merupakan pertemuan perkuliahan ketiga mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa dengan dosen kami bapak Dr. Amril Muhammad, S.E. M.Pd. Seperti biasa dosen kami,
Pak Amril Muhammad datang sesuai dengan perjanjian masuk kelas yaitu pukul 13.30 WIB.
Pada pertemuan ketiga ini selain pengumpulan tugas, yaitu majunya presentasi
oleh kelompok pertama. Materi mereka tentang Analisis Lingkungan Pemasaran.
Setelah presentasi kelompok 1 selesai, Pak Amril kemudian
menjelaskan lagi untuk melengkapi dan meluruskan materi yang telah diterangkan
kelompok. Dalam mempelajari analisis lingkungan pemasaran, sebelumnya yang
harus kita ketahui Apa dasar mempelajari Analisis Lingkungan Pemasaran Jasa?
Berdasarkan
penjelasannya, dasar dari kita mempelajari analisis lingkungan adalah karena
kita jualan ke luar. Jadi mempelajari analisis lingkungan agar kita lebih
memahami bagaimana situasi dan kondisi lingkungan sebelum kita menerapkannya ke
lapangan. Apa itu lingkungan pemasaran? Lingkungan Pemasaran adalah
lingkungan perusahaan yang
terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran
untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan yang
menjadi sasaran.
Disebutkan sebelumnya hampir sama dengan penjelasan
kelompok, Lingkungan Pemasaran terbagi menjadi dua yaitu lingkungan internal
dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal yaitu lingkungan dari dalam
perusahaan, sedangkan lingkungan eksternal yaitu lingkungan dari luar perusahaan.
Lingkungan internal maksudnya pelaku dari sebuah organisasi itu sendiri.
Sedangkan lingkungan eksternal berupa kekuatan-kekuatan yang berada di luar
pemasaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuan manajemen perusahaan.
Di dalam lingkungan eksternal terdapat lingkungan mikro dan
makro. Lingkungan Mikro dibagi dalam beberapa bagian yaitu, pertama Company it self/
Perusahaan dalam
merancang rencana pemasaran, manajemen pemasaran memperhitungkan
kelompok dalam perusahaan seperti manajemen puncak (top manager), keuangan
yang mengantisipasi pasar, riset dan pengembangan, pembelian, operasi, akuntasi
karena segalanya harus dihitung. Semua kelompok saling berhubungan membentuk
lingkungan internal. Kelompok-kelompok ini bekerja sama secara harmonis untuk
memberikan nilai dan kepuasan pelanggan yang unggul. Kedua, Supplier (Pemasok) pemasok
menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan
barang dan jasanya pertimbangan
peralatan-peralatan apa yang akan digunakan, lalu pertimbangan tempat
penyimpanan dimana produk akan disimpan. Masalah
pemasok sangat mempengaruhi pemasaran karena apabila pemasok masalah akan
mengurangi penjualan perusahaan dan mengurangi nilai kepuasan pelanggan. Ketiga, Marketing Intermedier sama halnya dengan perantara, perantara pemasaran membantu
perusahaan mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produknya ke pembeli
akhir. Perantara pemasaran meliputi penjual perantara, perusahaan
distribusi fisik, agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan. Penjual
perantara maksudnya perusahaan yang membantu mendapatkan pelanggan, perusahaan
distribusi fisik yaitu membantu
perusahaan dalam menyediakan & memindahkan barang dari tempat asal ke
tempat tujuan, agen jasa pemasaran mencarikan sasaran dan menpromosikan produk
ke pasar sasaran secara tepat contohnya biro iklan, perusahaan media, dan
konsultan pemasaran. Sedangkan perantara keuangan meliputi perusahaan asuransi,
perusahaan kredit, dan bank. Keempat, Customer
(Pelanggan) yaitu
sejumlah orang, individu atau kelompok suatu organisasi yang mengkonsumsi
produk jasa. Terdapat lima pasar pelanggan yaitu pasar konsumen terdiri
dari perorangan dan keluarga yang membeli barang dan jasa untuk konsumsi
pribadi, pasar bisnis membeli
barang dan jasa untuk pemrosesan lebih lanjut atau untuk digunakan dalam proses
produksi perusahaan, pasar penjual perantara
(Reseller), membeli barang dan jasa untuk dijual kembali demi mendapatkan laba, pasar pemerintah terdiri
dari badan-badan pemerintah yang membeli barang dan jasa untuk menghasilkan
pelayanan umum, pasar internasional
terdiri dari para pembeli di negara lain, termasuk konsumen, produsen, penjual
perantara, dan pemerintah. Kelima, Public (Masyarakat) masyarakat adalah kelompok yang mempunyai potensi kepentingan atau
kepentingan nyata, atau pengaruh pada kemampuan organisasi untuk mencapai
tujuannya.
Lingkungan Makro dibagi juga dalam beberapa hal yang pertama dari segi Demografis merupakan hal yang
menyangkut jumlah penduduk, kepadatan penduduk, lokasi, usia, gender, ras
(suku), pekerjaan, dan data statistik lain (sesuai dengan ideal tubuh dan
lainnya). Kedua, Ekonomi merupakan faktor-faktor
yang mempengaruhi daya beli dan pola pengeluaran konsumen. Ketiga, Lingkungan Alam disesuaikan
sehingga tidak menghabiskan energi yang ada. Keempat, Teknologi kekuatan yang menciptakan teknologi baru, menciptakan produk, dan
peluang pasar, yang baru. Seperti adanya perangkat komputer, handphone, dan perangkat elektronik
lainnya. Kelima, Politik adanya
kemungkinan pressure group,
pergantian menteri, dan pergantian kabinet. Intervensi Pemerintah. Contohnya adalah seperti
perubahan kurikulum. Keenam, Budaya lingkungan budaya terdiri dari institusi dan kekuatan lain
yang mempengaruhi nilai dasar, persepsi, selera, dan perilaku masyarakat.
Secara ringkas
dan untuk lebih menghafal bagian-bagian dari lingkungan mikro dan makro dapat
dilihat bagan atau gambar di atas.
Sekian.
Devie Alfikasari
1445115222
MP NR 2011
Sekian.
Devie Alfikasari
1445115222
MP NR 2011
0 Response to "Pertemuan Ke-3 (Analisis Lingkungan Pemasaran)"
Posting Komentar